BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Perhatian Serius Dinas Perikanan Kabupaten Malang Kepada Kelompok Pemberdaya Ikan Nila

Dilihat 0 kali
Foto : Bupati Malang, H.M.Sanusi dan Kepala Dinas Perikanan Kab. Malang Viktor Sembiring Meninjau Panen Raya Ikan Nila Desa Sumber Ngepo Lawang Kabupaten Malang. 


MALANG_JAWA TIMUR
JAWATIMURNEWS.COM| Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Makmur yang bertempat di wisata Krabyakan Desa Sumber Ngepoh Kecamatan Lawang Kabupaten Malang mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Malang.

Di jelaskan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring bahwasanya Mengacu pada data Dinas Perikanan Kabupaten Malang, dapat disampaikan total produksi ikan tawar pada tahun 2022 mencapai 10.415,74 ton dengan total panen pada komoditas ikan nila sebesar 4.614,04 ton. 

Hingga Bulan Juli tahun 2023, total produksi ikan air tawar mencapai 6.122,06 ton dengan hasil panen komoditas ikan nila sebanyak 2.745,80 ton. 
 

"Pada tahun 2023 ini kita kembangkan kawasan budidaya ikan nila di Desa Sumberngepoh Kecamatan Lawang tepatnya di Sumber Krapyakan kita berikan bantuan benih dan pakan pada kawasan , benih yang kita bantu kan sejumlah 60 ribu ekor kemudian pakan 10 ton," terang Viktor pada awak media,Selasa (29/8/2023).

Menurut Victor bantuan benih dan pakan tersebut diperkirakan panen kurang lebih sekitar 9,5 ton dengan harga yang cukup baik antara 25 ribu sampai 28 ribu rupiah.
"Jadi disini pemasarannya ke pemancingan dan juga dari kelompok sudah dikembangkan pengolahan ikan nila seperti nila bumbu, nila bakso serta olahan lainnya, jadi ini adalah kreasi atau inovasi yang dilakukan oleh kelompok masyarakat disini sehingga bisa menambah nilai dari pada ikan nila itu sendiri, dengan pemasaran yang mereka kuasai harapannya produksi mereka segera bisa dapat dipasarkan sendiri dengan hasil atau harga yang lebih baik," tandasnya.

Pemerintah Kabupaten Malang berharap ke depan dengan adanya bantuan tersebut dapat berkelanjutan dari dua ribu lima ratus meter persegi bisa berkembang menjadi setengah atau satu hektar.
 

"Harapan kami ke depan dengan adanya bantuan ini bisa berkelanjutan dari seperempat hektar bisa berkembang menjadi setengah atau satu hektar, peluangnya sangat besar karena disini ada tanah kas desa atau TKD yang bisa dimanfaatkan bisa disewa oleh kelompok dan yang paling penting lagi disini sumber airnya sangat luar biasa sehingga untuk perkembangan ikan nila cukup bagus sekali, kenapa demikian ini nila yang dipanen adalah kurang lebih antara empat sampai lima bulan bisa mencapai empat atau lima ekor per kilo, jadi hasilnya cukup bagus ,"terang Kadis Perikanan Kabupaten Malang.

Dengan kategori hasil dari panen hari ini terbilang cukup bagus karena kawasan budidaya nila yang terbaik.

"Untuk kategori yang kita lakukan hari ini dengan hasil yang kita capai hari ini bisa dikatakan ini termasuk salah satu kawasan budidaya ikan nila yang terbaik,"tuturnya.



Sumber  : Jtn Media Network
Pewarta : Wms/Pb
Editor     : Yazid453


Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form