BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Hari Dharma Samudra

Dilihat 0 kali


JAWATIMURNEWS.COM |Senin  (12/1/2024)
SELAMAT PAGI JTN

Tanggal 15 Januari 2024 jatuh pada Senin pekan ketiga. Hari ini juga bertepatan dengan Senin Legi dalam kalender Weton.

Di tanggal ini terdapat peringatan Hari Dharma Samudera di Indonesia. Tak hanya itu, ada berbagai perayaan momen penting lainnya yang diperingati di berbagai belahan dunia.

Untuk mengetahui daftarnya, simak informasi lengkapnya berikut ini

Hari Dharma Samudera

Tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Dharma Samudera di Indonesia. Melansir laman resmi Lantamal IV Makassar, Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru (Aru) pada tanggal 15 Januari 1962 silam. Pertempuran ini antara Tentara Nasional Indonesia melawan Belanda dalam upaya pembebasan Papua Barat.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Asahan, perang tersebut terjadi dikarenakan Belanda melanggar perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) dan tidak mau menyerahkan Irian Barat ke Indonesia. Hal itu membuat Indonesia mulai melancarkan operasi senyap atau operasi rahasia dengan mengirimkan pasukan ke Irian.

Ada 3 Kapal Republik Indonesia (KRI) yang dilibatkan dalam operasi rahasia mengintai kekuatan armada Belanda yang ada di sekitar Irian Barat. Mereka adalah KRI Macan Tutul, KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau.

Misi rahasia yang diemban 3 KRI ini diberi nama STC-9 (Satuan Tugas Khusus 9 Januari). Pasukan ini dipimpin oleh Sudomo.

Ketiga KRI tersebut berhasil mendekati wilayah Irian pada 15 Januari 1962. Sayangnya, keberadaan mereka diketahui oleh pihak Belanda. Pertempuran pun tak terelakkan dengan kekuatan yang tidak seimbang. Akibatnya, Komodor Yos Sudarso dan awak kapal yang berada di KRI Macan Tutul menjadi korban, sedangkan KRI Harimau dan Macan Kumbang berhasil selamat.

Setelah peristiwa itu, pertempuran laut antara Indonesia dan Belanda tidak pernah terjadi lagi. Hal ini dikarenakan masyarakat Irian Barat memilih bergabung dengan Indonesia. Pertempuran di Laut Aru tersebut menjadi peristiwa heroik yang bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Redaksi
Editor : Kemal

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form