BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

KJJT Banyuwangi Sosialisasikan Bijak dalam Menggunakan Media Sosial di SMPN 1 Giri

Dilihat 0 kali


JAWATIMURNESW. COM Banyumas - Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) wilayah Banyumas kembali menggelar edukasi jurnalistik di sekolah, kali ini materi jurnalistik disampaikan kepada siswa SMPN 1 Giri, Banyumas dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan tema Bijak dalam Penggunaan Media Sosial, Sabtu, (13/07/2024).

Ricky Sulivan, Ketua KJJT wilayah Banyumas menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program KJJT dalam edukasi jurnalistik.

"Salah satu program KJJT adalah memberikan edukasi jurnalistik kepada pelajar, supaya lebih memahami tentang literasi, yang nantinya dapat bermanfaat bagi pelajar," katanya.

Tim KJJT Banyuasin kali ini memberikan materi Bertemakan Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial yang digelar di aula SMPN 1 Giri dan diikuti 370 siswa yang disampaikan oleh Joko Wiyono, divisi hukum KJJT wilayah Banyuasin.

Joko memaparkan tata cara penggunaan media sosial yang baik dan benar, begitu pula dampak negatifnya jika salah dalam menggunakan media sosial. Pada usia siswa setingkat SMP, media sosial sering kali digunakan untuk media komunikasi dan interaksi di dunia maya, dimana jika tidak memahami media sosial seperti FB, tiktok, Ig ataupun WA, akan berdampak buruk bagi penggunanya.

"Boleh saja menggunakan media sosial namun harus mengerti batasan-batasannya, seperti misalnya menyebarkan informasi bohong/hoax, membully teman atau orang yang menyebarkan, ini harus dihati-hati," paparnya

Joko juga menyampaikan bahwa media sosial sangat bermanfaat sekali jika digunakan secara bijak, karena dapat menyampaikan informasi dan komunikasi, jadi gunakanlah media sosial dengan sebaik-baiknya.

"Jadi gunakanlah media sosial sebagai alat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pelajar," pungkasnya.

Selain pembekalan literasi, dalam pemberian materi ini juga diselipkan pesan anti bullying serta wawasan kebangsaan oleh Danramil 0825/02 Giri.

Dedi, selaku bagian Kesiswaan SMPN 1 Giri menyambut baik kegiatan ini, edukasi jurnalistik dan pemahaman terkait bijak dalam memanfaatkan media sosial memberikan dampak positif bagi siswa.

"Kami mengapresiasi KJJT dalam mengisi kegiatan MPLS di SMPN 1 Giri ini, diharapkan dapat menambah literasi bagi siswa dan mengurangi dampak negatif dari media sosial serta bisa bijak dalam menggunakan media sosial," ungkapnya.


(Ags) 

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form