BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Hari Penerbit Sedunia

Dilihat 0 kali

 

 JAWATIMURNEWS.COM |Selasa (16/1/2024)

SELAMAT PAGI JTN

(Terdapat sejumlah momen penting yang diperingati pada 16 Januari. Lantas 16 Januari 2024 memperingati hari apa saja?
16 Januari 2024 jatuh pada hari Selasa. Di hari ini Ada beberapa perayaan penting dan unik, di antaranya Hari Penerbit Buku Sedunia, Hari Kebebasan Beragama di Amerika Serikat, dan Hari Tanpa Pisau Bedah.

Seperti apa sejarah dan keunikan dari masing-masing perayaan tersebut? Simak berikut ini ulasannya yang dirangkum dari laman National Today.



Yuk, disimak!


1. Hari Penerbit Buku Sedunia
Tanggal 16 Januari diperingati sebagai Hari Penerbit Buku setiap tahunnya. Peringatan tersebut bertujuan untuk merayakan kontribusi para penerbit buku di seluruh dunia.

Dahulu, dunia penerbitan buku tidak semodern dan semudah saat ini. Dulunya buku-buku hanya ditulis menggunakan tangan.

Kemudian, perubahan besar terjadi pada tahun 1440 ketika Johannes Gutenberg memperkenalkan mesin cetak. Mesin cetak membawa alat baru bagi para penerbit buku, dan buku-buku mulai tersebar luas.

Seiring berjalannya waktu, sektor penerbitan kemudian semakin besar hingga melibatkan pemerintah, masyarakat sipil, dan perusahaan swasta untuk memenuhi kebutuhan administratif atau kepatuhan, bisnis, penelitian, advokasi, atau tujuan kepentingan publik.

2. Hari Kebebasan Beragama
Tanggal 16 Januari juga diperingati sebagai Hari Kebebasan Beragama di Amerika Serikat. Hari ini dirancang untuk menekankan bahwa setiap individu memiliki hak untuk menjalankan keyakinan agamanya sendiri.

Amerika Serikat adalah negara yang secara kuat mendukung prinsip kebebasan beragama. Meskipun begitu, pada suatu periode, tidak semua warganya memegang pandangan serupa.

Pada masa tersebut, sering terjadi tindak kekerasan dan penindasan untuk mencabut hak kebebasan beragama individu lain. Oleh karena itu, untuk memastikan generasi mendatang tidak tersesat di jalan intoleransi, maka dicetuskanlah Hari Kebebasan Beragama Nasional.

Hari Kebebasan Beragama secara resmi diproklamirkan pada 16 Januari 1993 melalui pernyataan tahunan oleh Presiden AS. Kemudian, peringatan tersebut dipromosikan lebih lanjut dengan penandatanganan bersejarah Undang-Undang Kebebasan Beragama Internasional pada tahun 1998.

Sejak penetapannya tersebut, Hari Kebebasan Beragama diperingati setiap tahunnya di Amerika Serikat. Peringatan tersebut dimaksudkan untuk menyebarkan pesan perdamaian, cinta, dan penerimaan.

3. Hari Tanpa Pisau Bedah
Setiap tahunnya pada tanggal 16 Januari di Amerika Serikat juga diperingati sebagai Hari Tanpa Pisau Bedah. Peringatan ini bertujuan untuk memperingati kesempatan untuk mengobati penyakit tanpa harus menggunakan pisau bedah.

Pada tanggal 16 Januari tahun 1964, dokter perintis Charles Dotter melakukan angioplasti pertama tanpa pisau bedah. Angioplasti merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi sumbatan pada pembuluh darah arteri jantung.

Operasi ini tidak hanya memungkinkan pasien untuk menghindari operasi amputasi kaki, tetapi juga memungkinkan pasien pulang dari rumah sakit beberapa hari kemudian hanya dengan plester luka.

Prosedur ini tidak hanya membantu pasien menghindari operasi amputasi kaki, tetapi juga memungkinkan mereka pulang dari rumah sakit hanya dalam beberapa hari hanya dengan perban.

Inovasi Dr. Dotter ini merupakan titik awal pengembangan cabang kedokteran baru yang dikenal sebagai MIIP (prosedur dengan panduan gambar invasif minimal). Saat ini, MIIP dapat digunakan untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai penyakit di seluruh tubuh, termasuk stroke, aneurisma, fibroid, nyeri punggung, dan banyak lagi.

Hari Tanpa Pisau Bedah ini kemudian diusulkan oleh Interventional Initiative pada tahun 2005. Selain untuk memperingati pertama kalinya operasi angioplasti, peringatan ini juga bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang MIIP yang revolusioner, sehingga memungkinkan orang untuk membuat keputusan perawatan kesehatan yang lebih baik.

Nah, itulah tadi daftar momen penting dan unik yang diperingati pada tanggal 16 Januari 2024. Semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan ya .......


Redaksi
Editor     :  Kemal

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form